Rabu, 10 Oktober 2012

Implementasi Peran Komite Madrasah dalam Menciptakan Hubungan Sinergis dengan Kepala Madrasah (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Jember


Manajemen kurikulum pembelajaran pesantren dalam kenyataannya memiliki keragaman selaras dengan keragaman model pesantren yang ada. Pesantren Pengembangan dan Dakwah Nurul Haromain Pujon Malang merupakan pesantren dengan fokus pada pendidikan dakwah. Pendidikan Dakwah merupakan pendidikan pesantren dengan Kurikulum Kusus dan program Pendidikan Kusus yang berkonsentrasi pada tujuan untuk mencetak kade- kader da’i yang militant.

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan manajemen pendidikan di Pesantren Pengembangan dan Dakwah Nurul Haromain Pujon Malang, dengan fokus pada: (1) implementasi manajemen pendidikan di Pesantren Pengembangan dan Dakwah Nurul Haromain Pujon Malang (2) model pembinaan itegritas santri di Pesantren Pengembangan dan Dakwah Nurul Haromain Pujon Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik wawancara mendalam, observasi partisipasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyejian data, dan penarikan kesimpulan, pengcekan keabsahan temuan dilakukan dengan jalan keikutsertaan peneliti: teknik trianggulasi, dengan menggunakan bantuan berbagai sumber, teori, dan metode; dan ketekunan pengamatan. Informan peneliti adalah pengasuh pesantren, kepala madrasah, dewan asatid, ahlu syura, dan oknum terkait.

Temuan peneliti menunjukkan bahwa:(1) manajemen kurikulum pembelajaran pesantren Pengembangan dan Dakwah Nurul Haromain Pujon Malang terimplementasikan melalui perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan dengan konsep kejama’ahan. Di mana manajemen pendidikan secara maksimal diarahkan pada dua komponen utama pendidikan, yaitu manajemen kesantrian serta kurikulum pembelajaran, dengan tujuan meningkatkan pendidikan dakwah santri. (2) pembinaan integritas santri di pesantren pengembangan dan dakwah mengarah pada pendidikan ruhiyyah dan mental pemikiran dengan berbagai pendekatan dan model yang diterapkan dipesanten tersebut.