Rabu, 16 Februari 2011

Apakah Manusia Sejarah Buka lipatan Berbeda Pada Benua Berbeda Untuk 13.000Tahun Terakhir ?


Kutipan dari "Berbicara Dengan Jared Diamond"

(Motivasi untuk Guns Menulis, Kuman, dan Baja)

"Aku telah menetapkan sendiri tugas sederhana mencoba menjelaskan pola yang luas dari sejarah manusia, pada semua benua, untuk tahun terakhir 13.000. Mengapa sejarah mengambil berbagai kursus evolusi tersebut untuk orang-orang dari benua yang berbeda? Masalah ini telah terpesona saya untuk waktu yang lama, tapi sekarang matang untuk sebuah sintesis baru karena kemajuan baru-baru ini di berbagai bidang yang tampaknya jauh dari sejarah, termasuk tanaman biologi molekular, dan genetika hewan dan biogeografi, arkeologi, dan linguistik.

Seperti kita semua tahu Eurasia,, terutama orang-orang Eropa dan Asia Timur, telah menyebar di seluruh dunia, untuk menguasai dunia modern dalam kekayaan dan kekuasaan. orang lain, termasuk sebagian besar Afrika, selamat, dan telah dilempar dari dominasi Eropa namun tetap tertinggal dalam kekayaan dan kekuasaan. Masih orang lainnya, termasuk penduduk asli Australia, Amerika, dan Afrika Selatan, tidak lagi bahkan tuan tanah mereka sendiri tetapi telah hancur, ditundukkan, atau dimusnahkan oleh penjajah Eropa. Mengapa sejarah ternyata seperti itu, bukan sebaliknya? Mengapa tidak asli Amerika, Afrika, dan Aborigin Australia orang-orang yang ditaklukkan atau dibunuh Eropa dan Asia? "

(1500 AD dengan Guns, Kuman, dan Baja - untuk 11.000 SM dan Determinisme Geografis)

(Jared Diamond vs Sejarah Tradisional)

"Jadi, kita akhirnya bisa rephrase pertanyaan kita tentang evolusi dunia modern ketidaksetaraan sebagai berikut. Mengapa pembangunan manusia berlangsung pada tingkat yang berbeda seperti di benua yang berbeda untuk tahun terakhir 13.000? Mereka suku yang berbeda merupakan pola luas sejarah, masalah terpecahkan terbesar sejarah, dan hari ini subjek saya.

Sejarawan cenderung menghindari subjek ini seperti wabah, karena ternyata rasis nada nya. Banyak orang, atau bahkan kebanyakan orang, menganggap bahwa jawabannya melibatkan perbedaan biologis dalam IQ rata-rata di antara populasi dunia, meskipun fakta bahwa tidak ada bukti adanya perbedaan IQ tersebut. Bahkan untuk menanyakan pertanyaan mengapa orang yang berbeda memiliki sejarah yang berbeda pemogokan sebagian dari kita sebagai jahat, karena tampaknya membenarkan apa yang terjadi dalam sejarah. Pada kenyataannya, kita mempelajari ketidakadilan sejarah untuk alasan yang sama bahwa kita mempelajari genosida, dan untuk alasan yang sama bahwa psikolog mempelajari pikiran para pembunuh dan pemerkosa: bukan untuk membenarkan sejarah, genosida, pembunuhan, dan pemerkosaan, melainkan untuk memahami bagaimana hal-hal jahat muncul, dan kemudian menggunakan pemahaman yang sehingga mencegah mereka terjadi lagi. Dalam hal bau rasisme masih membuat Anda merasa tidak nyaman menjelajahi subjek ini, hanya merefleksikan alasan mendasar mengapa banyak orang begitu menerima penjelasan rasis dari luas pola sejarah: kita tidak memiliki penjelasan alternatif yang meyakinkan. Hingga kita lakukan, orang akan terus tertarik secara default untuk teori rasis. Yang meninggalkan kami dengan kesenjangan moral yang besar, yang merupakan alasan terkuat untuk mengatasi masalah ini tidak nyaman. "


(Faktor proksimat - Benua oleh Benua)

"Namun demikian, pedang baja, senjata, dan kuda bukanlah satu-satunya faktor terdekat di balik penaklukan Eropa di Dunia Baru. Penyakit infeksi diperkenalkan dengan Eropa, seperti cacar dan campak, menyebar dari satu suku Indian ke yang lain, jauh di muka orang Eropa sendiri, dan membunuh 95% diperkirakan Dunia India populasi Baru tersebut. Mereka penyakit yang endemik di Eropa, dan Eropa punya waktu untuk mengembangkan baik dan kekebalan resistensi genetik untuk mereka, tetapi Indian awalnya tidak memiliki perlawanan seperti itu. Peran tersebut dimainkan oleh penyakit menular di penaklukan Eropa Dunia Baru diduplikasi di banyak bagian lain dari dunia, termasuk Aborigin Australia, Afrika Selatan, dan banyak pulau-pulau Pasifik. "

"Sejauh ini, kami telah mengidentifikasi serangkaian faktor proksi dibalik kolonisasi Eropa di Dunia Baru: yaitu, kapal, organisasi politik, dan menulis yang membawa Eropa ke Dunia Baru; kuman Eropa yang menewaskan paling India sebelum mereka bisa mencapai medan perang dan senjata, pedang baja, dan kuda yang memberikan keuntungan besar orang Eropa di medan perang. Sekarang, mari kita coba untuk mendorong rantai sebab-akibat kembali lebih lanjut. Mengapa keuntungan ini proksimat pergi ke Dunia Lama daripada Dunia Baru? Secara teoritis, penduduk asli Amerika mungkin yang untuk mengembangkan pedang baja dan senjata pertama, untuk mengembangkan kapal oceangoing dan kerajaan dan menulis pertama, dapat dipasang pada hewan domestik lebih menakutkan daripada kuda, dan memikul kuman lebih buruk dari cacar. "


"Sekarang mari kita mendorong rantai penalaran mundur satu langkah lebih jauh. Mengapa ada jauh lebih spesies hewan peliharaan di Eurasia daripada di Amerika? Amerika pelabuhan lebih dari seribu spesies mamalia liar asli, sehingga Anda mungkin awalnya mengira bahwa Amerika menawarkan banyak bahan awal untuk domestikasi. "

(Domestikasi Axis Tanaman dan Barat / Timur (SM)

(Keuntungan domestikasi)

"'s Dijinakkan Eurasia tumbuhan dan hewan yang penting bagi beberapa alasan lain selain membiarkan Eropa mengembangkan kuman jahat. domestikasi tumbuhan dan hewan menghasilkan lebih banyak kalori jauh per hektar dibandingkan habitat liar, di mana sebagian besar spesies tidak dapat dimakan untuk manusia. Akibatnya, kepadatan populasi petani dan penggembala biasanya sepuluh sampai seratus kali lebih besar daripada pemburu / pengumpul. Fakta saja menjelaskan mengapa petani dan gembala mana-mana di dunia telah mampu mendorong pemburu / pengumpul keluar dari tanah cocok untuk pertanian dan menggiring. hewan Domestik merevolusi angkutan darat. Mereka juga merevolusi pertanian, dengan membiarkan satu petani membajak tanah dan pupuk kandang lebih banyak dari petani bisa sampai atau pupuk kandang dengan upaya sendiri petani. Juga, pemburu / pengumpul masyarakat cenderung egaliter dan tidak memiliki organisasi politik di luar tingkat dari band atau suku, sedangkan surplus makanan dan penyimpanan dimungkinkan oleh pertanian diizinkan pengembangan berlapis, terpusat masyarakat politik dengan elit pemerintahan. Mereka surplus pangan juga mempercepat perkembangan teknologi, dengan mendukung pengrajin yang tidak mengangkat makanan mereka sendiri dan yang bisa malah mengabdikan diri untuk mengembangkan metalurgi, menulis, pedang, dan senjata.

Jadi, kami mulai dengan mengidentifikasi serangkaian penjelasan proksimat - senjata, kuman, dan seterusnya - untuk penaklukan Amerika oleh orang Eropa. Faktor-faktor proksimat tampaknya saya akhirnya dilacak di sebagian besar Dunia Lama yang lebih besar jumlah tanaman peliharaan, lebih banyak jumlah hewan peliharaan, dan timur / sumbu barat. Rantai sebab-akibat yang paling langsung dalam menjelaskan Lama Dunia keuntungan dari kuda dan kuman jahat. Tapi tumbuhan dan hewan peliharaan juga menyebabkan lebih tidak langsung untuk itu keuntungan Eurasia di senjata, pedang, kapal oceangoing, organisasi politik, dan menulis, yang semuanya adalah produk dari itu, besar padat, menetap, stratifikasi masyarakat dimungkinkan oleh pertanian. "

(Pembangunan Afrika)

"Mari kita selanjutnya memeriksa apakah skema ini, berasal dari tabrakan Eropa dengan penduduk asli Amerika, membantu kita memahami pola luas sejarah Afrika, yang saya akan meringkas dalam lima menit. Aku akan berkonsentrasi pada sejarah sub-Sahara Afrika, karena jauh lebih terisolasi dari Eurasia oleh jarak dan iklim dari yang Afrika Utara, yang sejarahnya berhubungan erat dengan sejarah Eurasia. Di sini kita pergi lagi:

Sama seperti kita bertanya mengapa Cortés Meksiko menyerbu sebelum Montezuma bisa menginvasi Eropa, kita juga bisa bertanya mengapa Eropa terjajah sub-Sahara Afrika sebelum sub-Saharans bisa menjajah Eropa. Faktor proksimat yang akrab sama senjata, baja, kapal oceangoing, organisasi politik, dan menulis. Tetapi sekali lagi, kita dapat bertanya mengapa senjata dan kapal dan seterusnya akhirnya dikembangkan di Eropa daripada di sub-Sahara Afrika. Untuk siswa evolusi manusia, bahwa pertanyaan sangat membingungkan, karena manusia telah berevolusi selama jutaan tahun lebih lama di Afrika daripada di Eropa, bahkan modern Homo sapiens anatomis mungkin telah mencapai Eropa dari Afrika hanya dalam tahun terakhir 50.000. Jika waktu merupakan faktor penting dalam perkembangan masyarakat manusia, Afrika seharusnya menikmati kepala mulai besar dan keunggulan Eropa.

Sekali lagi, hasil yang mencerminkan sebagian besar perbedaan biogeografi dalam ketersediaan hewan liar yg dpt dijinakkan dan spesies tanaman. Mengambil hewan domestik pertama, itu mencolok bahwa satu-satunya hewan peliharaan di dalam sub-Sahara Afrika [Anda menebak] seekor burung, unggas Guinea. Semua mamalia domesticates's Afrika - sapi, domba, kambing, kuda, bahkan anjing - memasuki sub-Sahara Afrika dari utara, dari Eurasia atau Afrika Utara. Pada pertama yang terdengar menakjubkan, karena kami sekarang telah memikirkan Afrika sebagai benua liar mamalia besar. Bahkan, tak satu pun dari mereka yang terkenal spesies mamalia liar besar di Afrika terbukti yg dpt dijinakkan. Mereka semua didiskualifikasi oleh satu atau masalah lain seperti: organisasi sosial tidak cocok; perilaku keras, tingkat pertumbuhan yang lambat, dan sebagainya. Hanya berpikir apa perjalanan sejarah dunia mungkin telah seperti jika's badak Afrika dan kuda nil telah meminjamkan diri untuk domestikasi! Jika yang telah mungkin, kavaleri Afrika dipasang pada badak atau kuda nil akan membuat daging cincang dari Eropa kavaleri menunggang kuda. Tapi itu tidak bisa terjadi.

Sebaliknya, seperti yang saya sebutkan, ternak diadopsi di Afrika adalah spesies Eurasia yang datang dari utara. panjang sumbu's Afrika, seperti yang dari Amerika, adalah utara / selatan dan bukan timur / barat. Mereka mamalia domestik Eurasia ke selatan menyebar sangat lambat di Afrika, karena mereka harus beradaptasi dengan zona iklim yang berbeda dan penyakit hewan yang berbeda.

Kesulitan yang dihadapi oleh utara / poros selatan penyebaran jenis terdomestikasi bahkan lebih mencolok untuk tanaman Afrika dari mereka adalah untuk ternak. Ingat bahwa makanan pokok Mesir kuno Subur Crescent dan tanaman Mediterania seperti gandum dan jelai, yang memerlukan hujan musim dingin dan variasi musiman panjang hari untuk perkecambahan mereka. Mereka tanaman tidak dapat menyebarkan selatan di Afrika luar Ethiopia, di luar yang hujan datang di musim panas dan tidak ada variasi musiman atau sedikit panjang hari. Sebaliknya, pembangunan pertanian di sub-Sahara harus menunggu domestikasi spesies tanaman asli Afrika seperti sorgum dan millet, disesuaikan dengan musim panas hujan Afrika Tengah dan relatif panjang hari konstan.

Ironisnya, mereka tanaman Afrika Tengah karena alasan yang sama, maka tidak dapat menyebar selatan ke zona Mediterania Afrika Selatan, di mana sekali lagi musim hujan dan variasi musiman besar di hari panjang menang. Kemajuan selatan Afrika petani tanaman asli dengan Afrika Tengah berhenti di Natal, di luar Afrika Tengah tanaman tidak bisa tumbuh - besar bagi konsekuensi baru-baru ini sejarah Afrika Selatan. Dengan "

(Kerugian Budaya & Rugi Teknologi)

Apa arti kita bisa membuat kerugian ini budaya?

"Interpretasi satunya yang masuk akal bagi saya pergi sebagai berikut. Pertama, teknologi harus diciptakan atau diadopsi. Masyarakat manusia berbeda dalam banyak faktor independen yang mempengaruhi keterbukaan mereka terhadap inovasi. Oleh karena itu manusia penduduk yang lebih tinggi dan masyarakat lebih ada di sebuah pulau atau benua, semakin besar kesempatan yang diberikan setiap penemuan yang disusun dan diadopsi di suatu tempat di sana.

Kedua, untuk semua masyarakat manusia kecuali orang-orang yang terisolasi Tasmania benar-benar, inovasi teknologi yang paling menyebar dari luar, bukannya diciptakan secara lokal, sehingga orang mengharapkan evolusi teknologi untuk melanjutkan paling pesat di masyarakat yang paling erat hubungannya dengan masyarakat luar.

Akhirnya, teknologi tidak hanya harus diadopsi, tetapi juga harus dipertahankan. Semua masyarakat manusia melalui mode di mana mereka sementara baik mengadopsi praktek-praktek penggunaan sedikit atau meninggalkan praktek-praktek penggunaan yang cukup. Setiap kali tabu ekonomi tidak masuk akal tersebut timbul di daerah dengan banyak masyarakat manusia yang bersaing, hanya beberapa masyarakat akan mengadopsi tabu pada waktu tertentu. masyarakat lain akan mempertahankan praktek yang berguna, dan baik akan outcompete masyarakat yang hilang itu, atau yang akan berada di sana sebagai model bagi masyarakat dengan tabu untuk bertobat kesalahan mereka dan reacquire praktek. Jika Tasmanians tetap tinggal di kontak dengan daratan Australia, mereka bisa menemukan kembali nilai dan teknik memancing dan membuat alat-alat tulang bahwa mereka telah hilang. Tapi itu tidak bisa terjadi dalam isolasi lengkap Tasmania, di mana kerugian budaya menjadi tidak dapat diubah. "


(Menjelaskan Pola Sejarah)

Pola luas sejarah - yaitu, perbedaan antara masyarakat manusia di berbagai benua - tampaknya saya untuk menjadi yang timbul dari perbedaan antara lingkungan benua, dan bukan perbedaan biologis antara masyarakat itu sendiri. Secara khusus, ketersediaan tanaman liar dan satwa cocok untuk domestikasi, dan kemudahan yang mereka spesies bisa menyebar tanpa menghadapi iklim tidak sesuai, memberi sumbangan yang menentukan dengan tarif bervariasi kebangkitan pertanian dan penggembalaan, yang pada gilirannya memberi sumbangan yang menentukan untuk meningkatkan angka populasi manusia, kepadatan penduduk, dan surplus pangan, yang pada gilirannya memberi sumbangan yang menentukan bagi perkembangan epidemi penyakit menular, menulis, teknologi, dan organisasi politik. Selain itu, sejarah Tasmania dan Australia memperingatkan kita bahwa daerah-daerah yang berbeda dan isolasi dari benua, dengan menentukan jumlah masyarakat bersaing, mungkin telah satu faktor penting dalam pembangunan manusia.

Sebagai seorang ahli biologi berlatih ilmu eksperimental laboratorium, aku menyadari bahwa beberapa ilmuwan mungkin cenderung mengabaikan sejarah interpretasi ini sebagai spekulasi tidak terbukti, karena mereka tidak didasarkan pada percobaan laboratorium direplikasi. Keberatan yang sama dapat diajukan terhadap salah satu dari ilmu-ilmu sejarah, termasuk astronomi, biologi evolusioner, geologi, dan paleontologi. Keberatan tentu saja dapat diajukan terhadap seluruh bidang sejarah, dan sebagian besar ilmu-ilmu sosial lainnya. Itulah alasan mengapa kita merasa tidak nyaman tentang mempertimbangkan sejarah sebagai ilmu. Ini diklasifikasikan sebagai ilmu sosial, yang dianggap tidak cukup ilmiah.