1 Meningkatkan Ketrampilan Berbicara dengan Mengunakan Diskusi di Universitas Negeri Malang
2 Penggunaan Gambar Berseri dalam Meningkatkan Ketrampilan Menulis Bahasa Arab.
3 Pengajaran Ketrampilan Berbicara di Pondok Pesantren Nurul Ulum Malang (Study Analistis Deskriptif)
4 Penggunaan Media Kartu Pelengkap dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca di Madrasah Tsanawiyah Yaspuri Malang - Jawa Timur. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.
5 Effective Use of Caricature Picture Media On Writing Skills (Experiments Research at Junior Islamic high school "Wali Songo” at North Lampung)
6 Menyusun Materi Pembelajaran untuk Mengajarkan Ketrampilan Menulis ( dengan Uji Coba di Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang )
7 Pengembangan Bahan Ajar Ketrampilan Membaca Sesuai Kurikulum KTSP.
8 Efektifitas Penggunaan Arabic Scrabble dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Meningkatkan Minat Siswa dalam Mempelajari Bahasa Arab. (Penerapan di Madrasah Aliyah Al Ma’arif Singosari Malang Jawa Timur).
9 Desain Media Lingkaran Kowaid dan Efektifitasnya dalam Peningkatan Kemampuan Membaca (Penelitian Eksperimen pada MTs Hidayatul Mubtadi’in Malang)
10 Efektifitas Penggunaan Metode Diskusi-Lomba dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca.
11 Efektifitas Penerapan Media Permainan Dadu dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara (Penelitian Aksperimen di Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadi’in Desa Tasik Madu Kecamatan Lowok Waru Malang).
12 Eksperimen Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Simpang Ulim, Aceh Timur-NAD)
13 Pengembangan Materi Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis KTSP di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pontianak
14 Pengembangan Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Menggunakan Media Program Adobe Flash Dan Pengaruhnya Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar
15 Penggunaan Reality Show Dalam Pengajaran Bahasa Arab Untuk Mengembangkan
Keterampilan Menyimak (Studi Eksperimen Di Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadiin Tasikmadu Malang)
16 Strategi Teori Cognitive Demi Peningkatan Kemampuan Berbicara (Penerapan di Madrasah Ibtidaiyyah Islamiyah "Yaspuri” – Malang).
17 Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Di Markazul Lughah Dipondok Pesantren Madura (Studi Deskriptif Evaluative Analitik).
18 Pengembangan Materi Ajar Dalam Meningkatkan Kemahiran Berbicara Bahasa Arab Dalam Perspektif KTSP 2008.
19 Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Di Markazul Lughah Dipondok Pesantren Madura (Studi Deskriptif Evaluative Analitik)
20 Pengembangan Permainan "Tebak kata" untuk Memperkaya Perbendaharaan Kosakata Bahasa Arab.
21 Penggunaan media miniature dan Media gambar pada pengajaran kosa kata (Penelitian Eksperimen perbandingan Di SD Ummu Aiman Lawang Timur)
22 Penyusunan Materi Ajar Dalam Rangka Meningkatkan Ketrampilan Membaca Siswa/siswi Lembaga Pengembangan Bahasa Asing PP. Nurul Jadid
23 Penyusunan Materi Ajar Dalam Rangka Meningkatkan Ketrampilan Berbicara Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kediri
24 Analisis Efektivitas Latihan-latihan Ketrampilan Berbicara Bahasa Arab (Studi pada program Bahasa Arab Dan Studi Islam Abdurrahman Bin Auf Malang)
25 Lingkungan Bahasa Arab dan Perannya dalam Belajar Dan Pembelajaran di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Sumenep Madura
26 Efektifitas penggunaan permainan bahasa dalam pembelajaran ketrampilan berbicara di Pondok Pesantren Baitul Arqom Balung Jember
27 Media Pembelajaran Modern terbaik dalam Pembelajaran Kosa Kata (Mufrodat) Bahasa Arab (Studi Komparasi tentang Penggunaan Media Film dan Komputer dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab)
28 Pengajaran Bahasa Arab di Pesantren Tradisional dan Modern (Studi Komparatif dan Evaluatif Pengajaran Bahasa Arab di Pesantren Lirboyo Kediri dan Al-Amien Sumenep)
29 Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Flash Card dalam Pengajaran Kosa Kata dan Kalimat Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah al-Muhsin 28 Purwasari Metro Lampung
30 Pengajaran Keterampilan Menyimak Menggunakan Lagu (Studi Eksperimen di Madrasah Ibtida'iyah (MI) Nurul Huda Tulangan Sidoarjo)
31 Penggunaan Buku Tajdidun Nahwi Untuk Meningkatkan Pengajaran Tata Bahasa di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Mataram
32 Penerapan Metode Total Physical Response (TPR) dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis (Sebuah Penelitian Tindakan Kelas di Madrasah Aliyah MAS Dungduro Taman Sidoarjo)
33 Metode Induktif dalam Pembelajaran Bahasa Arab Perspektif Teori Ta'liq (Penerapan di Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Sleman Yogyakarta)
34 Metode Pembelajaran Bhasa Arab di Perguruan Tinggi Ma'had Daari al-Qur'an wa al-Hadits ahdlatul Wathon Angani Lombok Timur
35 Efektifitas Keterlibatan Siswa Dalam Pengadaan Media Pembelajaran untuk Pembelajaran Bahasa Arab (Penelitian Eksperimen di MTsN Tanjung Redeb 2007-2008)
36 Perancangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer pada Matakuliah Metode Pembelajaran Qiroah di Universitas $egeri Malang
37 Efektifitas Penggunaan Pembelajaran Kooperatif (Model TGT/ Teams Games Tournament) dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Bahasa Arab
38 Pengembangan Keterampilan Membaca dengan Strategi Metkognitif (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa kelas Satu Madrasah Aliyah Pesantren IMMIM Puteri Pangkep)
39 Metode Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Karangasem Lamongan (Studi tentang pembelajaran maharoh kalam dan istima’ di madrasah Aliyah Pondok Pesantren Karangasem Paciran Lamongan, Masalah dan Solusinya)
40 Metode Pengajaran Bahasa Arab di Pondok Modern Gontor: Sebuah Kajian Analitis-Evaluatif
41 Portofolio untuk Mengevaluasi Ketrampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Arab di
Universitas Islam Negeri Malang (Problematika dan Solusi)
42 Penggunaan Drama Arab Untuk Meningkatkan Keterampilan Bicara Siswa (Penelitian Experimen di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Banyuwangi
43 Desain Materi Pembelajaran Keterampilan Menulis Arab Untuk Siswa Tingkat Ibtidaiyah Dalam Perspektif KTSP
44 Penggunaan Strategi PQ4R dalam Pengajaran Membaca B.Arab (Studi eksperimen di PKPBA di Universitas Islam Negeri Malang
45 Peningkatan Kemampuan Mendengar dan Berbicara dengan Metode Total Physical Response (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas I MTsN Bojong - Purwakarta)
46 Penggunaan Film dalam Meningkatkan Ketrampilan Bicara Mahasiswa pada Semester Empat Jurusan Bahasa Arab di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pontianak
47 Pembelajaran Qawa'id Bahasa Arab Model Antoine Dahda (Penelitian Eksperimen di Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang)
48 Problematika Siswa dalam Menggunakan Qawa'id Bahasa Arab (Studi Kasus di MAN 3 Malang)
49 Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan Al-Lauhah Al-Wabariyah (Penelitian Tindakan Kelas di MTs. Tanjung Kota Tasikmalaya)
50 Meningkatkan Kemahiran Berbicara dengan Strategi Tanya-Jawab (Penelitian Tindakan Terhadap Siswa Kelas I Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Purwokerto, Jawa Tengah)
51 Kurikulum Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Rohmaniyyah Menur, Mranggen, Demak, Jawa Tengah (Analisis dan Evaluasi)
52 Penggunaan Metode Tata Bahasa dan Terjemahan dalam memahami bacaan (Penelitian Tindakan Kelas Siswa Madrasah Tsanawiyah "Sunan Kalijaga" Malang)
53 Pengembangan Pembelajaran Wazan Sorof Arab dengan Mengunakan Teknik Pengajaran Sinergis (Di Lembaga Pengembangan Bahasa Asing Nurul Islam Karang Cempaka Bluto Sumenep)
54 Meningkatkan Kemahiran Membaca melalui Metode Kooperatif di Madrasah Aliyah Negeri Ngrambe Ngawi
55 Efektifitas metode tanya jawab dalam meningkatkan kompetensi menulis (studi eksperiment di Madrasah Aliyah Negeri Kalimantan Selatan)
56 PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBICARA DAN MEMBACA (Studi Eksprimen pada Madrasah Aliyah Dar al- A'mal Kota Metro Lampung)
57 Efektifitas Penggunaan Kartu Permainan Bahasa (Dilaksakan Disekolah SMP Al-Munawariyah Bululawang)
58 Efektifitas Penggunaan Metode Belajar Bahasa Secara Berkelompok untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab (Di Laksakan di MIN 2 Metro - Lampung)
59 Efektifitas Penggunaan Kartu Kata Dalam Pengajaran Keterampilan Menulis di Pondok Pesantren Nurul Bayan Lombok Utara Nusa Tenggara Barat
60 Efektifitas Penggunaan Gambar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Huruf dan Kata (Penerapan di Sekolah Dasar "Nahdlatul Ulama" Kepanjen Malang)
61 Efektifitas Penerapan Media Gambar dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara (Penerapan di Pondok Pesantren Abdurrahman bin A'uf Malang
62 Penggunaan Film Kartun untuk meningkatkan kemampuan mendengar (Studi Eksperimen di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama' Gondanglegi Malang)
63 Efektivitas Penggunaan Lauhat Al-Juyub untuk meningkatkan Kompetensi Menulis (Studi eksperimen di MTs Surya Buana Malang)
64 Efektifitas Penggunaan Flash Card Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis (Penelitian Experiment Di Madrasah Aliyah Negeri Tulungagung 1)
65 Penggunakan Gambar Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis (Penelitian Eksperimen di MA Al- Munawwariyyah Bululawang Malang Jawa Timur)
66 Penggunaan Program Komputer SWISHmax untuk Pengajaran Keterampilan Berbicara (Penelitian Pengembangan di Madrasah Ibtidaiyyah Wahid Hasyim III Dau - Malang)
67 Efektifitas Metode Audio-Lingual dalam Meningkatkan Kemahiran Berbicara Bahasa Arab
68 Menigkatkan Motivasi Siswa dalam Mempelajari Bahasa Arab Melalui Media Visual Tiga
Dimensi
69 Pemikiran K.H. Imam Zarkasyi Gontor tentang Pembelajaran Bahasa Arab (Studi atas Metode Pengajaran Kemahiran Berbicara & Kemahiran Menulis)
70 Ujian Akhir Nasional (UAN) Mata Pelajaran Bahasa Arab Untuk Madrasah Aliyah Tahun Ajaran 2007-2008 (Studi Analisis Evaluasi di MAN 3 Mulawarman Banjarmasin Kalimantan Selatan)
71 Pengembangan Keterampilan Berbicara Dengan Pendekatan Berbasis Media di Madrasah Aliyah Almaarif Singosari Malang
72 Implementasi Belajar Kooperatif dalam Pengajaran Keterampilan Membaca Krtitis Pelajaran Bahasa Arab Di Sekolah Menengah Pertama Tarbiyatul Mu'alimn wa Mu'alimat (SMP TMI) Raudhatul Qur'an, Metro Lampung
73 Penggunaan Metode Cooperative Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca (Penelitian Tindakan Kelas di MTsN Tinambung Sulawesi Barat)
74 Penggunaan "Kartu Kunci" dalam Meningkatkan Kemahiran Berbicara (Penelitian Tindakan Kelas pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Mariyai Sorong Papua Barat)
75 Efektifitas Penggunaan Permainan Bahasa Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca
76 Efektifitas Modeling Dalam Meningkatkan Kemahiran Berbicara (Diterapkan di MA Ali Maksum Krapyak Yogyakarta)
77 Efektifitas Infantilisasi dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara (Penelitian Tindakan Kelas di Madrasah Tsanawiyah Negeri Gresik)
78 Penggunaan Teknik Pembelajaran Kosa-Kata Dalam Meningkatkan Maharah Al Qiro’ah di Madrasah Aliyah Negeri I Semarang
79 Efektifitas Metode Langsung dalam Pengajaran Keterampilan Berbicara (Penerapan di Madrasah Tsanawiyah Mambaus Sholihin Gresik)
80 Efektifitas Penerapan Metode Audio-lingual dalam Meningkatkan Kecakapan Berbicara Bahasa Arab (Penerapan di Madrasah Tsanawiyah Mamba’us Sholihin Suci-Gresik)
81 Penggunaan Lab. Bahasa untuk Meningkatkan Kemahiran membaca (Penerapan di Madrasah Tsanawiyah Swasta Al-Falah Bangkalan)
82 Penggunaan Kartu Kata Dalam Pengajaran Ketrampilan Menulis (Penelitian Tindakan Kelas Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Jombang Jawa Timur)
83 Penggunaan Media Ungkapan Bergambar Dalam Meningkatkan Ketrampilan Menulis Terbimbing (Penerapan di Madrasah Tsanawiyah "Al-Ittihad" Malang)
84 Meningkatkan Ketrampilan Membaca Dalam Pelajaran Bahasa Arab di MTs Darul Ulum Jombang (Studi Kasus di MTs ‘Darul Ulum’ Jombang)
85 Efektifitas Pembelajaran Kompetensi Berbicara dengan Mengunakan Pendekatan Komunikatif (Studi eksperimen di SMA Al-Munawwariyyah Bululawang Malang)
86 Efektifitas Pengajaran Membaca dengan menggunakan Kartu Tanya Jawab (Studi Kasus di Madarasah Tsanawiyah Nahdlatul Wathan Bagik Nyala Lombok Timur
87 Disain Buku Pendamping untuk pengajaran ketrampilan Menulis (Penerapan di Madrasah Tsanawiyah Al Kautsar Dukuhbadag Ketanggungan Brebes)
88 Pembelajaran Keterampilan Berbicara dengan Strategi KWL (Penerapan pada Madrasah Tsanawiyah Darul Falah Malang Jawa Timur)
89 Pengembangan Silabus Mata Pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta I
90 Pengefektifan Lingkungan Arabi dengan Permainan Bahasa untuk Meningkatkan Kemahiran
Berbicara (Penelitian Eksperimen pada Asrama di Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang Jawa Timur)
91 Penggunaan Permainan Bahasa dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara bagi Siswa Madrasah Aliyah Raudlatut Thalabah Kediri Jawa Timur
92 Efektivitas Penggunaan Komputer dalam Meningkatkan Kecakapan Berbicara Bahasa Arab (Penerapan di Madrasah Tsanawiyah Ittihadil Ummah Mataram)
93 Penerapan Metode Langsung Untuk Meningkatkan Ketrampilan Berbicara Siswa MTsN Malang I
94 Pengembangan Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa Arab dengan Menggunakan Media Cetak (Penerapan di Pondok Pesantren Al-Halimy Lombok Barat)
95 Efektifitas Penggunaan Metode Analitik dalam Pengajaran Membaca di SMAN I Labuhan Haji Lombok Timur
96 Efektifitas Pendekatan Berbasis Media Dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak di Pondok Pesantren Ngalah Purwosari Pasuruan Jawa Timur
97 Penggunaan Permainan Bahasa Dalam Peningkatan Keterampilan Membaca di MTsN Amlapura Bali
98 Efektifitas Desaian Bahan Ajar untuk Meningkatkan Kemampuan Mendengar dan Aplikasinya di Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang
99 Pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan buku mufradat "bi'ah 'Arabiah" (penerapan di Pondok pesantren Darut Taqwa Sengonagung Purwosari Pasuruan Jawa Timur
100 Peningkatan Kemampuan Menulis dengan menggunakan film Pendidikan (Penelitian Tindakan Kelas di MAN I Kota Bima)
101 Pembelajaran Kooperatif dan Efektifitasnya Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis (Penerapan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Palembang)
102 Penyusunan Materi Ajar dalam Rangka Meningkatkan Ketrampilan Berbicara Siswa Madrasah Aliyah
103 Efektifitas Penggunaan Media Visual Dua Dimensi Untuk Meningkatkan Pembelajaran Maharah Alkalam (Penerapan Di Madrasah Tsanawiyah Al Mahalli Jogjakarta)
104 Efektifitas Penggunaan Kartu Taman Semantik terhadap Peningkatan Keterampilan Membaca di Madarasah Tsanawiyah Negeri Waru Kabupaten Penajam Paser Utara
105 Efektivitas Penggunaan Rumus Koreksi Terhadap Peningkatan Kemampuan Menulis
106 Menciptakan Kelompok Bahasa Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab
di Madrasah Aliyah Miftahul Huda Ngreco Kandat Kediri
107 Meningkatkan Kemampuan Berbicara dengan Pembelajaran Kooperatif model Teams Games Tournaments (TGT)(Penelitian Tindakan Kelas di MTsN Bakalan Rayung Jombang)
108 Pendekatan Kontekstual dan Efektivitasnya dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Terbimbing (Penerapan di Madrasah Aliyah "Nurul Haramain" NW Narmada Lombok Barat)
109 Pengembangan Keterampilan Berbicara Dengan Pendekatan Cooperatife Learning di Madrasah Aliyah Negeri Tambakberas Jombang Jawa Timur
110 Efektifitas Penggunaan Laboratorium Bahasa dalam Pengajaran Kemahiran Menyimak (Penerapannya di MA Daarul Uluum PUI Majalengka Jawa Barat)
111 Penyusunan LKS (lembar kerja siswa) untuk Meningkatkan Ketrampilan Berbicara di MTs Khairuddin Gondanglegi Malang
112 Penulisan Buku Pendamping Untuk Pengembangan Ketrampilan Berbicara (Study Pengembangan dan Eksperimen di MTs Negeri Prigen Pasuruan)
113 Penggunaan Kata Serapan Arab dalam Pembelajaran Bunyi(Penerapan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Palangka Raya)
114 Pendekatan Komunikatif dan Efektivitasnya Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara di Madrasah Aliyah Darullughah wadda'wah Bangil Pasuruan
115 Penggunaan Kartu Kata Bergambar dalam Mengembangkan Keterampilan Berbicara (Sebuah
Penelitian Tindakan Kelas di MTsN Selat Kuala Kapuas Kalimantan Tengah)
116 Efektifitas Penggunaan Kartu dalam Pembelajaran Membaca di MA Negeri Bireuen Nanggroe Aceh Darussalam
117 Efektifitas Penggunaan Metode Membaca dalam Pengajaran Bahasa Arab di MA Al-Ishlah Bobos Cirebon Jawa Barat
118 Efektivitas Strategi Pembelajaran Qiraah dengan Penerapan Tanda-Tanda I'rab di MAN Suruh Kabupaten Semarang
119 Penggunaan Kaidah Imlak dalam Peningkatan Kemahiran Menulis (Penerapan di Madrasah Aliyah Daarul Muqimien, Buaranjati, Tangerang, Banten)
120 Pengaruh Penggunaan Media Cerita dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara
121 Pengembangan Buku Ajar Kaidah Khat dan Imlak Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis (Penelitian Pengembangan di Universitas Negeri Malang)
122 Penggunaan Metode Deduktif yang disempurnakan dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Kemahiran Berbicara (Penerapan di Madrasah Aliyah syamsul Arifin Pasuruan-Jawa Timur)
123 Penyusunan Materi-Materi Ajar atas Dasar Latihan Suara dalam Rangka Meningkatkan Ketrampilan Berbicara Siswa/siswi Madrasah Ibtidaiyah Insan Anamah Malang
124 Pengajaran Qowa'id dengan Menggunakan Tabel untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca (Penelitian Eksperimen pada Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang)
125 Efektifitas penggunaan permainan ular tangga dalam pembelajaran ketrampilan berbicara di Madrasah Tsanawiyah Ash-Shiddiqy Lawang-Malang
126 "Menyusunan Buku Pendamping dan Efektifitasnya dalam pembelajaran Qowaid Nahwiyyah (Studi Eksperimen Di Pondok Pesantren Alma Asy-Syauqy Cirebon)”
127 Pengembangan Pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan game "Burshoh Al-Arqam ” dan pengaruhnya terhadap pemahaman mahasiswa pada materi ‘adad ma’dud (Penerapan di Program Khusus Pengembangan Bahasa arab Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)
128 Desain kitab Ajar Pembelajaran Kosa kata Untuk Anak Sebelum Sekolah (penerapan Di TK" Al Masyithoh" Balongbendo Sidoarjo)
129 Analisis Soal Ujian Materi Keterampilan Membaca Di Program Khusus Perkuliahan Bahasa Arab (Studi Evaluasi di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)
130 Penyusunan Latihan untuk Ketrampilan Menulis Terbimbing (Penelitian Eksperimen pada Buku Pelajaran Bahasa Arab untuk Madrasah Aliyah Karya Prof. Dr. D. Hidayat)
131 Penggunaan Neuro Linguistic Programming Dalam Pengajaran Bahasa Arab Untuk Mengembangkan Keterampilan Berbicara (Studi Eksperimen Di Madrasah Tsanawiyah Attanwir Talun Sumberrejo Bojonegoro)
132 Penyusunan Materi Ajar Untuk Kemahiran Membaca (Diterapkan di Sekolah Dasar Islam Insan Amanah Malang)
133 Pengajaran Keterampilan Membaca Melalui Metode Baca Kitab Kuning di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Nurul Huda Mergosono Malang
134 Evaluasi Muatan Budaya Pada Buku AlArabiyah Baina Yadaika
135 Strategi Pembelajaran Tarjamah Di Jurusan Bahasa dan Sastra Arab, Fakultas Humaniora dan
Budaya, Universitas Islam Negeri Malang
136 Pengajaran Kemahiran Berbicara Berbasis Kosa Kata untuk Siswa Madrasah Aliyah Negeri Malang I
137 Pengembangan Kemampuan Berbicara dengan mengunakan Kartu di Pondok Modern Gontor 3 "Darul Ma'rifat" Kediri
138 Efektifitas Pendekatan Discovery dalam Pembelajaran Menulis
139 Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Diniyah Nurul Ulum Kebonsari Malang
140 Penerapan Penilaian Otentik dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Negeri Malang 3
141 Telaah Materi Membaca (Maharah al-Qira'ah) pada Buku Ajar "Arabiyah Baina Yadaika" karya Abd al-Rahman dan Kawan-kawan Perspektif "Literacy Education"
142 Pengembangan Materi Ajar Berbasis Komputer untuk Meningkatkan Kemahiran Membaca (Qira'ah) pada Madrasah Aliyah Persiapan Negeri Bilingual Batu.
143 Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Pembelajaran al- Isytiqaq al-Ashghar Dengan Metode Integratif Antara Hafalan dan Aplikasi di Pesantren Terpadu al-Mawaddah as-Sakinah Village Ponorogo.
144 Pengembangan Ketrampilan Menulis Siswa Melalui Permainan Bahasa (Penelitian Tindakan Kelas untuk Siswa kelas VIII Di Madrasah Tsanawiyah Hasyim Asyari Batu).
145 Pengembangan Kemampuan Berbicara dengan Menggunakan Strategi Bermain Peran di Madrasatul Mu’allimat al- Islamiyah "Baitul Arqom” Balung Jember.
146 pengembangan kemahiran berbicara dengan penggunaan teks yang memuat peran peran keseharian (percontohan di tingkat aliah indonesia)
147 Usulan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab untuk Madrasah Ibtidaiyah
148 Penggunaan Ta'bir Mushawwar Untuk Meningkatkan Kemampuan menulis siswa MAN II Batu
149 Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Kartu Jenius di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model 2 Pontianak Kalimantan Barat
150 aplikasi board game bermedia question card untuk meningkatkan ketrampilan berbicara (Penelitian Eksperimen pada siswa siswi Di Madrasah tsanawiyah al-mahrusiyah lirboyo Kediri jawa timur
151 Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Program Macromedia Flash Proffesional 8 dan Efektivitasnya untuk Meningkatkan Motivasi Siswa. (Penelitian Pengembangan di MA Nurul Ulum Malang)
152 Pengembangan Materi Ajar Bahasa Arab untuk Keterampilan Menulis (Studi Eksperimen Di Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama Albadar, Curah Sukoloji Kaliwining Rambipuji Jember)”.
153 Pemakaian Metode Think pair share (TPS) Dalam Pembelajaran Ketrampilan berbicara (Studi Eksperimen Di Madrasah Aliyah Salafiyah Lamongan).
154 pembelajaran ketrampilan menulis bahasa arab menggunakan teka teki silang
155 Designing Computer Based Learning Program For Teaching of Arabic at Senior High School
1 of Malang.
156 Pemakaian Metode Reciprocal Teaching (Pengajaran Timbal Balik) Dalam Pembelajaran Ketrampilan Membaca (Studi Eksperimen Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lamongan).
157 KESILAPAN BERBAHASA LISAN (Studi Kasus Di Pondok Modern Darussalam Gontor Jawa Timur).
158 efektifitas talking circle technique meningkatkan kemahiran berbicara bahasa arab (penerapan di sekolah menengah umum al-munawariyah kelas 1 bululawang malang)
159 ِEfektifitas Penerapan Metode Total physical Response dalam Meningkatkan Kecakapan Mendengar Bahasa Arab (Penerapan di Madrasah Ibtidaiyah Sunan Giri Malang).
160 efektifitas lingkungan sekolah dalam meningkatkan kompetensi berbicara siswa (penerapan di madrasah tsanawiyah surya buana malang)
161 efektifitas percakapan alamiyah-langsung untuk peningkatan kemampuan berbicara (kasus di smp munawariyyah bululawang malang)
162 Menyusun Materi Pembelajaran untuk Mengajarkan Ketrampilan Menulis ( dengan Uji Coba di Madrasah Aliyah Negeri Tempursari Ngawi
163 Penggunaan Kegiatan Berbahasa Untuk Mengembangkan Lingkungan Bahasa Arab (Penelitian Eksperimen di Pondok Pesantren Darul Istiqomah Bondowoso, Jawa Timur)
164 Materi Pengajaran, Penyusunan dan Efektifitas Penggunaannya dalam Pengajaran Berbicara di Madrasah Aliyah Almaarif Singosari Malang
165 Penerapan cooperative learning di dalam mengembangakan ketrampilan membaca (penerapan di MTS AL kaubuddurri bangkalan madura )
166 Efektifitas Penggunaan Kartu dalam Pembelajaran Membaca di MA Negeri Bireuen Nanggroe Aceh Darussalam
167 Penggunaan film untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara (Penelitian Tindakan Kelas di MTs Nahdlatul Ulama Karangploso Malang)
168 efektifitas penggunaan gambar animasi dalam meningaktkan ketrampilan bicara dan meningkatkan minat siswa dalam mempelajari bahasa arab
169 Penggunaan Memory Game Dalam Pengajaran Bahasa Arab Untuk Mengembangkan Keterampilan Menulis (Studi Eksperimen Di Madrasah Tsanawiyah Nurul Ihsan Lumajang).
170 Evaluasi Butir-Buitr Soal TOAFL ‘Test Of Arabic as Foreign Language’ (Studi Evaluatif di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang).
171 Pengembangan Materi Ajar Tata Bahasa Arab Dengan Menggunakan Metode Pengajaran Tata Bahasa Melalui Pemberian Teks (Studi Pengembangan Pada Madrasah Aliyah Negeri Tambakberas Jombang Jawa Timur).
172 Pengembangan Materi Ajar Berbasis Computer Guna Peningkatan Kemahiran Mendengar dan Berbicara Bahasa Arab (Studi Pengembangan Pada Madrasah Aliyah Raudlatul Ulum Guyangan Trangkil Pati Jawa Tengah ) Kata
173 Desain Buku Nahwu Arabi Berdasarkan Pemikiran Ibn Madha Al-Qurthubi (Penelitian pengembangan dan penerapan di Madrasah Aliyah Ihyaul Ulum Dukun Gresik, Jawa Timur).
174 Efektifitas Boarding School Dalam Peningkatan Keterampilan Berbicara (Studi Eksperimen Di MAN 2 Kudus Jawa Tengah).
175 Metode Induktif dan Deduktif dalam pengajaran Tata Bahasa Arab (Study Experimen Komperatif di Madrasah Aliyah Negeri Kediri II, Kota Kediri
176 Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Maharah Al Qiro’ah di Madrasah Aliyah Negeri I Semarang
177 Penggunaan Strategi PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan) dalam meningkatkan ketrampilan membaca siswa (Studi Ekperimen di Madrasah Aliyah Negeri I semarang).
178 Pengajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Darullughah Wadda'wah Bangil Pasuruan Jawa Timur (Studi Kasus)
179 Penyusunan Nadzam Syi'ir Ta'limi untuk peningkatan Keterampilan Mendengar (Penelitian Pengembangan dan Eksperimen di MAN Tlogo Blitar)
180 Pengembangan Buku Ajar Nahwu II Dilengkapi Cerita Di Universitas Pendidikan Indonesia Bandung(UPI)Jawa Barat
181 Penggunaan Permainan Melengkapi Cerita dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara (Penerapan di Pondok Pesantren Darul Amal - Sukabumi)
182 Analisis dan Evaluasi Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Hidayatus Shibyan Desa Mega Timur Pontianak Kalimantan Barat)
183 Peningkatan Kemahiran Berbicara Bahasa Arab dengan Menggunakan Media Film Video (Penerapan di Madrasah Aliyah Alkhairaat "Madinatul Ilmi" Dolo Sigi Sulawesi Tengah)
184 Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab di Ma’had Al-Jami’ah Institut Agama Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi (Penelitian Evaluatif terhadap Metode Pembelajaran dan Media Belajar)
185 Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab dengan Menggunakan Materi dari Buku Muhawarah al Haditsah Karya Sayyid Hasan Ahmad Baharun (Penelitian Eksperimen di Madrasah Aliyah Matholi'ul Anwar Simo Lamongan).
186 Penyiapan Program Swishmax untuk Pengajaran Kemampuan Membaca
187 Desain Program Ulead Video Studio Dalam Pembuatan Film Pembelajaran Untuk Peningkatan Kemahiran Mendengar Bahasa Arab (Studi Pengembangan Di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Khoirot Semarang Jawa Tengah)
188 Efektifitas Penggunaan Film Pembelajaran Dalam Peningkatan Kemahiran Mendengar (Studi Eksperimen di Madrasah Tsanawiyah Ulumul Qur'an Langsa Aceh)
189 Analisis kesalahan imla’ bagi siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Ujung Tanjung Rokan Hilir Riau
190 Efektifitas penggunaan kartu berseri dan kartu bersesuai pada permainan bahasa untuk meningkatkan kemampuan membaca bagi siswa madrasah tsanawiah surya buana malang dan madrasah aliah negeri 1 malang
191 Efektifitas Metode Langsung dalam Kemahiran Berbicara Bahasa Arab
192 Pengembangan kurikulum pembelajaran keterampilan berbicara di Pondok Pesantren Salaf
Al-Muhajirin.
193 Efektifitas Penggunaan Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Kompetensi Berbicara (Penelitian Eksperimen di Ma'had, "Umar ibn al-Khattab" Surabaya, Jawa Timur)
194 Efektivitas Penggunaan Kisah berbasis Permainan dalam meningkatkan Keterampilan Berbicara (Penelitian Eksperiman di Pondok Pesantren "Ibnu Mas’ud" Putri Kandangan Banjarmasin)
195 Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Kemahiran Berbicara dengan Perspektif Contextual Teaching and Learning di Pusat Bahasa, Agama dan Budaya Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
196 Pengembangan materi Bahasa Arab berdasarkan Language Communicative skill (Penerapan dikelas XI MAN 3 Cirebon Jawa Barat)
197 Effektifitas penggunaan media strip story untuk meningkatkan kemampuan membaca di Pondok Pesantren Darussalam Sukalila Jatibarang Indramayu Jawa Barat
198 Efektifitas Permainan Bunyi Bahasa Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca (Penelitian Eksperimen di Madrasah Tsanawiyah Al-Huda Bandung Tulungagung Jawa Timur)
199 Efektifitas penggunaan Metode Induktif dalam pengajaran Qawaid Bahasa Arab untuk meningkatkan kemahiran berbicara.
200 Penggunaan error analisis dalam koreksi kesalahan imlak dan frase arab untuk pengembangan kemampuan tulis siswa
201 Desain Latihan Bahasa Arab dengan Menggunakan Program Adobe Flash (Penelitian Pengembangan di MAN 6 Jombang)
202 Efektifitas Penilaian Otentik Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab (Studi Eksperimen di Madrasah Tsanawiyah Model Praya Lombok Tengah)
203 Efektivitas Penggunaan Permainan Rubik dan Puzzle dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Kajian Eksperimental di Kelas IV Madrasah Ibtida’iyah Negeri 1 (Karang Baru) Mataram).
204 Pengembangan Kurikulum Pengajaran Bahasa Arab Berbasis Silabus Situasional di Pondok Pesantren (Penelitian Pengembangan di Pusat Bahasa Arab Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan)
205 Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Balaghah Dengan Pendekatan Kompetensi (Penelitian Pengembangan di Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung)
206 Penggunaan Latihan Pola dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis (Studi Eksperimen di Madrasah Aliyah Negeri Paiton Probolinggo)
207 Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teori Kecerdasan Jamak (Studi Eksperimen di SD Anak Saleh Malang)
208 Pembelajaran Balaghoh Pada Program Studi Tafsir Hadits STAIN Jember (Problematika dan Solusinya)
209 Penggunaan Majalah Dinding Sekolah Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis (Studi Eksperimen MTsN Blangkejeren Gayo Lues, Aceh)
210 Penggunaan Metode Qiraah Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Kitab Kuning (Penelitian Eksperimen di Madrasah Ta’hiliyah Ibrahimy Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo Jawa Timur)
211 Pengembangan Materi Ajar Berbasis Kontruktivistik dalam Pembelajaran Bahasa Arab Berorientasi KTSP (Penerapan di Kelas 1 SMP "Darul Qur’an” Singosari Malang)
212 Pembelajaran Kemahiran Menyimak dengan Metode Total Physical Response (Penenelitian Eksperimen di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Malang Jawa Timur)
213 Penyusunan Materi Ajar untuk Keterampilan Berbicara dalam Perspektif KTSP (Penelitian Pengembangan dan Eksperimen di MA Dempo Darul Muttaqien Pagaralam Sumatera Selatan)
214 Efektifitas Penggunaan Strategi PAKEM dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis (Studi Eksperimen di MTs. Negeri Tilamuta – Gorontalo)
215 Penggunaaan Media Gambar Fotografi Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis (Penelitian Eksperimen di Madrasah Tsanawiyah Negeri Planjan Cilacap Jawa Tengah)
216 Pengembangan Media Pembelajaran dengan Menggunakan Program Delphi 7.0 untuk Kemahiran Mendengarkan Bahasa Arab (Studi Eksperimen di Madrasah Aliyah 2 Unggulan Mataram).
217 Penggunaan cerita rakyat untuk mengembangkan kemampuan membaca. (Aplikasi pada Madrasah Aliyah Negeri kota Kediri 3 Jawa Timur)
218 Desain Materi Pengajaran Kosakata untuk Kegiatan Ekstrakulikuler (Studi Eksperimen Di
Pesantren Terpadu Serambi Mekkah Padangpanjang Sumatera Barat)
219 Efektifitas Penggunaan Metode Percakapan dalam meningkatkan kemampuan berbicara di Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Sleman Yokyakarta.
220 Efektifitas Penggunaan Lagu-lagu Berbasis Materi Pelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Bicara Eksperimen di MTs Al Masyhudien Nahdlatul Wathan Kawo Lombok Tengah
221 Active Learning Dengan Menggunakan Snowball Throwing (Studi Eksperimen di MTs Nahdlatul Ulama Karangploso- Malang).
222 Efektifitas penggunaan permainan bahasa dalam meningkatkan keterampilan membaca di Madarasah Tsanawiyah Negeri Model Sorong Papua Barat
223 Analisa Muatan Budaya di Buku Ajar al-‘Arabiyah li Nasyi’in - Juz pertama dan kedua - (Kajian Deskriptif Kualitatif Evaluatif)
224 Efektifitas Penggunaan Metode Analitik ketika belajar Bahasa Arab untuk meningkatkan kemahiran membaca ( Di MA Al-Ishlahuddiny Kediri Lombok Barat)
225 Pengembangan Materi Menyimak dalam TOAFL berbasis TOEFL di UIN MALIKI Malang Jawa Timur, Indonesia.
226 Memperkaya Kosakata Dengan Menggunakan Kamus Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca.
227 Efektivitas Penggunaan Role Playing dalam Peningkatan Keterampilan Berbicara
228 Efektivitas Penggunaan Metode Phonetic Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara (Studi Eksperimen pada Sekolah Menengah "Ar-Rifa’i" Gondanglegi Malang)
229 Penggunaan Metode Langsung (Direct Method) dalam Pengajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Ketrampilan Membaca (Penelitian Eksperimen di MAN Gondang Legi Kabupaten Malang Jawa Timur)
230 Kepemimpinan Situasional di Madrasah (Studi Kasus di MAN Genteng Banyuwangi).
231 Menggunakan Kartu Kosakata untuk Mengembangkan Kemampuan Membaca. (Penerapan di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah I Malang)
232 Penggunaan Metode Derby Writing dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Ketrampilan Menulis (Penerapan di Madrasah Aliyah Nahddlatul Ulama Karangploso Malang)
233 Pembuatan Buku Ajar untuk meningkatkan kompetensi berbiacara (penelitian pengembangan di Madrasah Aliyah Raudlatul Ulum Putra Ganjaran Gondanglegi Malang Jawa
Timur)
234 Desain Pengembangan Buku Pendamping dari Kitab Ta'bir dari Silsilah Ta'lim Lughoh 'Arabiyah untuk mengembangkan ketrampilan berbicara dan menulis : studi pengembangan eksperimen di Ma'had Umar bin Al Khattab Surabaya
235 Penggunaan Permainan Bahasa dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis di Madarasah Tsanawiyah Negeri Mojokerto Jawa Timur
236 Desain Materi Ajar Bahasa Arab dalam Keterampilan Menyimak dengan menggunakan Program Komputer Audacity (Penelitian Pengembangan & Eksperimen di Madrasah Aliyah Sunan Ampel Jombang )
237 Design Materi Pidato dengan Menggunakan program Komputer untuk meningkatan kemahiran berbicara (studi pengembangan di madrasah tsanawiyah Negeri Tarakan Kalimantan Timur)
238 Efektifitas Metode Induktif dalam Pengajaran Tata Bahasa Arab dalam meningkatkan kemahiran menulis. (Penerapan di Madrasah Ar-Raisiyah Sekarbela Kota Mataram Nusa Tenggara Barat)
239 Penggunaan Poster dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca (Studi Pengembangan di Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim 2 Dau Malang)
240 Efektifitas Penggunaan Media Power Point Dalam Pembelajaran Ketrampilan Menulis (Penelitian Eksperimen di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang)
241 Efectivitas penngunaan Power Point dalam mengajarkan kitab Al Arabiyah Lin Nasiin untuk meningkatkan ketrampilan berbicara (Penerapan di MA. Matholi'ul Anwar Lamongan Jawa Timur)
242 Penggunaan Metode langsung dalam Peningkatan Keterampilan Berbicara (Penelitian Aksperimen di Madrasah Aliyah Ma’arif NU Kencong Jember Jawa timur)
243 Efektifitas Penggunaan Permainan Bahasa Dalam Meningkatkan Kemahiran Berbicara Bahasa Arab (Penelitian experimen di Madrasah Aliyah "Ar-Rosyid” Lontar Surabaya Jawa Timur)
244 Analisis Error Nahwu tentang Dzikir dan Shalawat (Penerapan di Perkumpulan Mingguan desa Bumiayu Kedungkandang Malang Jawa Timur)
245 Pengefektifan permainan bahasa Ulangi Pernyataan berikut jika benar dan Apakah anda tahu sebabnya? untuk meningkatkan kemahiran berbicara (Penelitian eksperimen pada MTs Al Hikmah Jombang Jawa Timur)
246 Efektifitas Pembelajaran Kecakapan Berbicara Bahasa Arab Berdasar Kitab Tazwidul Mufrodat (Studi Perbandingan Antara Marhalah Syu'bah Takmili dan Tsanawiyah TMI Al-Amien Prenduan Sumenep Madura).
247 Efektivitas Penggunaan Laboratorium Bahasa Untuk Meningkatkan Kemahiran Mendengar di Madrasah Aliyah Negeri Tambakberas Jombang Jawa Timur
248 Efektifitas Teori Medan Makna dalam Pemaparan Deskriptif untuk Mengembangkan Kemahiran Berbicara
249 Penyusunan Bahan Ajar untuk Pembelajaran Berbicara Bahasa Arab dengan Menggunakan Media Gambar (Penelitian Pengembangan di Madrasah Tsanawiyah Malang III)
250 Penggunaan MP3 untuk meningkatkan ketrampilan Mendengar (eksperimen di Madrasah Aliyah Sunan Bejagung Tuban Jawa Timur)
251 Penerapan Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Profesional Di Kalangan Guru Bahasa Arab Pada Madrasah Tsanawiyah Se-Kabupaten Rembang (Studi Deskriptif Evaluatif)
252 Motivasi Siswa dan Persepsi Siswa tentang Kompetensi Pedagogik Guru dan Hubungannnya dengan Hasil Belajar Bahasa Arab (Studi Korelatif di Madrasah Aliyah Negeri 1 Semarang Jawa Tengah)
253 Pengaruh Pendekatan Kognitif dalam meningkatkan penguasaan Qawaid Nahwiyah (Studi Eksperimen di Madrasah Aliyah Negeri ٣ Malang Jawa Timur)
254 Penyusunan Kurikulum dalam Pembelajaran Bahasa Arab di TPQ . (Penerapan di TPQ Al-Madin Joyo Suko Malang)
255 Latihan Rantai "Isim-Fiil” untuk Mengembangkan Kemampuan Membuat Kalimat (Penelitian Eksperimen di Program Khusus Pengembangan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Maulana Malik