Rabu, 10 Oktober 2012

Implementasi Perencanaan Strategis di SMK Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal‖. Tesis, (Malang: Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).



Perencanaan Strategis telah diterapkan pada organisasi sosial termasuk pendidikan khususnya sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mengkaji lebih mendalam tentang: (1) Proses penyusunan, (2) Analisis-analisis yang digunakan, (3) Efektivitas implementasi, (4) Faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas implementasi, dan (5) Sumbangan implementasi perencanaan strategis di SMK Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal.

Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif jenis deskriptif, selanjutnya disebut penelitian deskriptif kualitatif dan dengan bentuk penelitian studi kasus (case study) tunggal, yaitu menyajikan uji kritis suatu teori yang difokuskan pada sebuah sekolah. Data diperoleh melalui pengamatan, dimana peneliti berfungsi sebagai instrumen utama untuk melakukan observasi, wawancara mendalam dengan sumber data utama/primer dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis interaktif melalui kegiatan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, dengan pendekatan analisis domain dan taksonomial. Keabsahan data verifikasi melalui kriteria kepercayaan (observasi intensif dan triangulasi), kebergantungan, dan kepastian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses penyusunan perencanaan strategis di SMK Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal adalah dengan: pertama, merumuskan visi, misi dan tujuan sekolah; kedua, kemudian membentuk satgas penyusun perencanaan strategis; ketiga, proses perumusan; dan keempat, penetapan perencanaan strategis tersebut. (2) Analisis yang digunakan dalam menyusun perencanaan strategis adalah dengan menggunakan analisis SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunities, Treats). (3) Implementasi perencanaan strategis berjalan efektif. (4) Faktor-faktor yang memengaruhi efektivitas implementasi perencanaan strategis yaitu; kepemimpinan, pemahaman guru dan staf terhadap renstra, dukungan pemerintah, monitoring dan evaluasi, kerja sama dan tanggung jawab, dana, dan kerjasama yang baik secara internal (tim) dan eksternal. (5) Sumbangan implementasi perencanaan strategis bagi kemajuan SMK Negeri 1 Slawi yaitu: Sekolah memiliki pedoman dalam menjalankan segala aktifitasnya; Sekolah memiliki dasar kebijakan sehingga kebijakan-kebijakannya terarah; Memudahkan membuat program tahunan dan menentukan target-tergetnya; Sekolah menjadi berkembang secara efektif.

Berdasarkan temuan dari data penelitian, peneliti memberikan saran agar penelitian mengenai perencanaan strategis di sekolah terus dikembangkan dengan objek berbeda dan jangkauan lebih luas. Kemudian perlu juga dikembangkan penelitian tentang perencanaan strategis secara lebih mendalam dan tajam mengenai dimensi-dimensi yang ada di dalamnya. Dari hasil penelitian ini, sebaiknya sekolah mendapatkan masukan dari pihak luar yang lebih berkompeten dalam perencanaan dan pendidikan. Selain itu dalam penyusunan ataupun implementasi perencanaan strategis harus melakukan analisis lingkungan strategis secara komprehensif dan seimbang.