Rabu, 10 Oktober 2012

Penggunaan Instructional Management Jacob Kounin untuk Peningkatan Prestasi Belajar dan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Penelitian Tindakan Kelas di SMK Negeri 2 dan SMA Negeri 4 Kupang NTT)



Permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran PAI di SMK Negeri 2 Kupang dan SMA Negeri 4 Kupang adalah kurangnya minat belajar siswa pada PAI, kurangnya kemampuan berpikir ilmiah, lemahnya kemampuan siswa dalam baca tulis al-Qur’an, kurangnya kesadaran dalam beribadah dan berakhlaqul karimah. Kondisi demikian disebabkan antara lain karena kurang bervariasinya metode pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan proses perencanaan, penerapan, penilaian, dan dampak yang ditimbulkan oleh pelaksanaan pembelajaran dengan manajemen pembelajaran Jacob Kounin terhadap prestasi belajar dan mutu pembelajaran PAI di SMK Negeri 2 dan SMA Negeri 4 Kupang.

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yakni penelitian eksperimen berulang dan berkelanjutan yang dilakukan di dalam kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan dalam 2 siklus 4 tindakan dengan subyek penelitian siswa SMK Negeri 2 Kupang dan SMA Negeri 4 Kupang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu : pengalaman (observasi), pengungkapan (wawancara, pengukuran tes dan diskusi), dan pembuktian (dokumen arsip, foto-foto, dan catatan lapangan). Teknik analisis data meliputi reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Informan penelitian ini adalah siswa, guru PAI kolaborator, dan orang tua/wali siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan manajemen pembelajaran Jakob Kounin di SMK Negeri 2 dan SMA Negeri 4 Kupang adalah (1) penyusunan RPP berdasarkan hasil diskusi dan kesepakatan bersama antara peneliti dengan kolaborator; (2) manajemen pembelajaran Jacob Kounin yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah manajemen group focus, ripple effect, dan withitness, yang dapat meningkatkan antusiasme, kreativitas, dan partisipasi dan kerjasama siswa dalam mengikuti proses pembelajaran yang hal itu berdampak kepada meningkatnya prestasi dan mutu pembelajaran PAI; (3) Penilaian terhadap hasil pembelajaran baik di SMK Negeri 2 Kupang maupun di SMA Negeri 4 Kupang dilakukan dengan cara Penilaian Berbasis Kelas (PBK) atau Penilaian Berbasis Kemampuan Dasar (PBKD), (4) Penggunaan manajemen pembelajaran Jacob Kounin di SMK Negeri 2 Kupang dan SMA Negeri 4 cukup memberikan dampak yang positif signifikan terhadap prestasi akademik (meningkatnya nilai ulangan dan tugas) maupun non akademik (meningkatnya ketertiban, kedisiplinan, dan antusiasme, kreativitas, dan partisipasi dan kerjasama) siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di dalam kelas