Jumat, 28 Desember 2012

ANALISIS PENDEKATAN TARGET COSTING SEBAGAI ALAT PENILAIAN EFISIENSI PRODUKSI SEMEN PADA PT. SEMEN


DAFTAR ISI
                                                           Halaman
HALAMAN JUDUL .......................................................................................... i
HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBING  ................................................. ii
HALAMAN PENGESAHAN PENGUJI ........................................................... iii
ABSTRAK  ......................................................................................................... iv
KATA PENGANTAR  ....................................................................................... v
DAFTAR ISI ...................................................................................................... vii
DAFTAR TABEL .............................................................................................. ix
DAFTAR SKEMA ............................................................................................. x
BAB  I     PENDAHULUAN .............................................................................   1
                1.1.  Latar Belakang  ...........................................................................   1
1.2. Masalah Pokok  ........................................................................... 3
1.3.  Tujuan Penelitian ........................................................................ 3
1.4. Kegunaan Penelitian ................................................................... 4
BAB  II   LANDASAN TEORI ........................................................ 5
2.1. Pengertian Biaya ......................................................................... 5
2.2. Klasifikasi Biaya  ........................................................................ 7
2.3. Pengertian Biaya Produksi  ......................................................... 8
2.4. Pengertian Target Costing  .......................................................... 12
2.5. Model Penerapan Target Costing  ............................................... 15
2.6. Prinsip-Prinsip Penerapan Target Costing ................................  .. 16
2.7.  Asumsi Dasar Target Costing  .................................................... 19
2.8.  Kendala Penerapan Target Costing ............................................ 20
2.9.  Variabel Costing .........................................................................20
2.10 Pengertian Full Costing .............................................................. 22
2.11 Kerangka Pemikiran ...................................................................267
BAB  III METODE PENELITIAN .....................................................28
3.1. Daerah dan Waktu Penelitian ...................................................... 28
3.2. Metode Pengumpulan Data  ......................................................... 28
3.3. Jenis dan Sumber Data  ................................................................ 29
3.4. Metode Analisis ........................................................................... 29
3.5. Sistematika Pembahasan  ............................................................. 31
BAB  IV GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN  ............................ 32
4.1. Sejarah Singkat Berdirinya PT. Semen Tonasa  ........................   .. 32
4.2. Status Perusahaan  ....................................................................... 35
4.3. Status Organisasi  ........................................................................ 36
4.4. Uraian Tugas  .............................................................................. 38
4.5. Proses Produksi  ........................................................................... 43
BAB  V  HASIL ANALISIS DAN PEMBAHASAN  ........................................ 47
               5.1. Analisis Biaya Produksi dan Non Produksi  ................................... 47
               5.2.  Analisis Penerapan Target Costing sebagai alat Penilaian
       Efisiensi Produksi Semen ............................................................................. 59
BAB VI  KESIMPULAN DAN SARAN-SARAN ............................................ 64
               6.1.  Kesimpulan  ................................................................................. 64
               6.2.  Saran-Saran ................................................................................. 65
DAFTAR PUSTAKA  ........................................................................................ 668
DAFTAR TABEL
                                  Halaman
TABEL 5.1 PT. SEMEN TONASA DI KABUPATEN PANGKEP
DATA PRODUKSI SEMEN TAHUN 2008 S/D 2010 ............. 48
TABEL 5.2 BESARNYA BIAYA BAHAN BAKU LANGSUNG
TAHUN 2008 S/D TAHUN 2010 .............................................. 49
TABEL 5.3 DATA BIAYA TENAGA KERJA LANGSUNG
TAHUN 2008 S/D TAHUN 2010 .............................................. 51
TABEL 5.4 BESARNYA BIAYA OVERHEAD PABRIK TAHUN 2008
S/D TAHUN 2010 ..................................................................... 53
TABEL 5.5 BESARNYA BIAYA NON PRODUKSI TAHUN 2008 S/D
2010 ............................................................................................ 55
TABEL 5.6 DATA VOLUME PENJUALAN SEMEN TAHUN 2008 –
2010 (DALAM TON) ................................................................ 56
TABEL 5.7 DATA HARGA JUAL PERTON SEMEN  TAHUN 2008
S/D TAHUN 2010 ..................................................................... 57
TABEL 5.8 LAPORAN LABA RUGI DALAM PENJUALAN SEMEN
TAHUN 2008 – 2010 ................................................................. 57
TABEL 5.9 HASIL PERHITUNGAN BIAYA (BIAYA PRODUKSI DAN
BIAYA NON PRODUKSI) PER TON TAHUN 2008 S/D
TAHUN 2010 ............................................................................. 59
TABEL 5.10 BESARNYA MARGIN LABA DALAM PENJUALAN
SEMEN (MENURUT PERUSAHAAN) ................................... 60
TABEL 5.11 PERHITUNGAN TARGET COSTING DALAM PENJUALAN
SEMEN TAHUN 2008 S/D TAHUN 2010 ............................... 61
TABEL 5.12 PERHITUNGAN MARGTIN LABA DALAM PENJUALAN
SEMEN (MENURUT TARGET COSTING) ............................ 63
TABEL 5.13 PERBANDINGAN BIAYA MENURUT PERUSAHAAN
DENGAN MENURUT TARGET COSTING DALAM
PENJUALAN SEMEN TAHUN 2008 S/D TAHUN 2010 ....... 649
DAFTAR SKEMA
                       
                                                                                                                           Halaman
1. Ilustrasi Target Costing ............................................................................ 13
2. Rantai Nilai dan Target Costing ............................................................... 15
3. Target Costing Model ............................................................................. 16
4. Prinsip-prinsip Penerapan Target Costing ................................................ 17
5. Kerangka Pikir ........................................................................................ 27
6. Struktur Organisasi Perusahaan PT. Semen Tonasa Pangkep...................... 37
7. Proses Produksi Semen  .......................................................................... 461


BAB  I 
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Tantangan  utama bagi para akuntan manajemen dewasa ini adalah
memberikan informasi yang bertujuan untuk membantu meningkatkan keunggulan
kompetitif perusahaan dengan mengembangkan praktik-praktik akuntansi manajemen
yang dapat mendukung tugas-tugas manajerial.
Untuk mencapai kualitas informasi akuntansi yang diharapkan, maka para
akuntan manajemen dituntut untuk semaksimal mungkin mendayagunakan
keahliannya berupa pemahaman metode dan teknik akuntansi manajemen yang terus
mengalami perkembangan. Oleh karena itu para akuntan manajemen perlu tanggap
terhadap perubahan lingkungan ekstern maupun intern serta meningkatkan kualitas
profesi seiring dengan perkembangan dunia usaha.
Agar dapat membantu para pimpinan perusahaan dalam pembuatan
keputusan, maka akuntan manajemen perlu memahami dan mengikuti setiap aktivitas
dari masing-masing fungsi manajemen dalam perusahaan, salah satunya adalah
berkaitan dengan penentuan harga jual, hal ini perlu diperhatikan karena dengan
adanya persaingan yang semakin ketat dan kompetitif sehingga membuat penetapan
harga jual produk bukan hal gampang. Harga jual kerap ditentukan oleh pasar,
sehingga harga pasar (market price) digunakan untuk menentukan target biaya              
12
yang diselaraskan dengan biaya-biaya yang telah dikeluarkan dalam produksi, yang
dikenal dengan masalah target costing.
Hal ini perlu diperhatikan oleh perusahaan mengenai penentuan harga yang
didasarkan pada anggapan bahwa produk telah selesai dibuat, telah dihitung harga
pokok biayanya dan siap untuk dipasarkan, namun hal itu tidak selalu berlaku,
banyak perusahaan besar yang menerapkan urutan yang sebaliknya, artinya
perusahaan-perusahaan tersebut telah mengetahui berapa harga jual untuk produknya,
sehingga persoalan pokok yang dihadapi oleh perusahaan tersebut adalah bagaimana
cara membuat produk dengan harga jual yang sudah pasti namun tetap menghasilkan
margin keuntungan yang memadai tanpa mengorbankan kualitas dan nilai yang  akan
diserahkan kepada pelanggan.
Target costing merupakan penentuan biaya maksimum yang  dimungkinkan
bagi pembuatan sebuah produk dan kemudian merancang prototipe yang
menguntungkan dengan kendala biaya maksimum yang telah ditetapkan. Mengingat
begitu pentingnya masalah target costing, maka hal ini perlu diperhatikan oleh
perusahaan PT. Semen Tonasa di Kabupaten Pangkep, dimana dalam menjalankan
kegiatan produksi semen, maka perusahaan perlu menerapkan target costing dalam
produksinya. Tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan dengan menerapkan target
costing adalah untuk menentukan harga pokok produk sesuai dengan yang diinginkan
(target) sebagai dasar penetapan harga jual produk untuk memperoleh laba yang
diinginkan oleh perusahaan. Hal ini sangat baik untuk diterapkan oleh perusahaan
agar perusahaan dapat mengelola biaya (cost management) dengan baik, dan untuk 3
mencapai tujuan perusahaan membentuk sebuah tim untuk pengembangan produk
yang bertanggungjawab merancang produk yang dapat dibuat dengan biaya yang
tidak lebih besar dari target biaya yang telah dihitung oleh perusahaan, sehingga
dengan menggunakan pendekatan target costing, maka diharapkan dapat dijadikan
sebagai alat penilaian efisiensi produksi semen pada PT. Semen Tonasa di Kabupaten
Pangkep.
Berdasarkan uraian tersebut di atas maka penulis tertarik dalam memilih
judul skripsi ini : “Analisis Pendekatan  Target Costing Sebagai Alat Penilaian
Efisiensi Produksi Semen Pada PT. Semen Tonasa di Kabupaten Pangkep ”.

1.2 Masalah Pokok 
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan sebelumnya,
berikut ini disajikan rumusan masalah sebagai berikut : “ Apakah pendekatan target
costing pada PT. Semen Tonasa di Kabupaten Pangkep dapat dijadikan sebagai alat
penilaian efisiensi produksi Semen?”.

1.3 Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan :
1. Untuk mengetahui perkembangan harga pokok dan harga jual semen yang dicapai
pada PT. Semen Tonasa di Kabupaten Pangkep
2. Untuk mengetahui pendekatan  target costing  agar dapat dijadikan sebagai alat
penilaian efisiensi dalam proses produksi semen.